Detak Jantung Yang Normal

Detak jantung atau disebut dengan denyut jantung,  kita mesti mengetahui normalnya berapa kali jantung kita berdetak setiap menitnya. Maka dari itu juga mesti bisa menghitungnya dan membandingkan dengan nilai normal sebagai langkah sederhana untuk mengetahui kondisi kesehatan kita.

Detak Jantung Yang Normal

Jumlah detak jantung yang normal permenit akan bervariasi setiap individu karena akan tergantung pada usia, ukuran tubuh, kondisi jantung, apakah sedang duduk atau bergerak, penggunaan obat dan bahkan suhu udara. Bahkan emosi dapat mempengaruhi denyut jantung. Misalnya, semakin bersemangat atau rasa takut akan meningkatkan detak jantung. Simak juga info sebelumnya tentang Efek Buruk Keseringan Makan Junk Food

Berapa Jumlah Detak Jantung Yang Normal?

Detak jantung yang normal saat istirahat

Telah disebutkan bahwa detak frekuensi detak jantung akan dipengaruhi oleh faktor usis dan aktivitas fisik, oleh karena jumlah detak jantung normal untuk orang dewasa, akan berbeda dengan anak-anak dan pada saat istirahat daka berbeda dengan saat aktivitas fisik.

Berikut daftar detak jantung yang normal permenit saat istirahat:

  • Usia 1 bulan: 70-190
  • Usia 1-11 bulan: 80-160
  • Usia 1-2 tahun 80-130
  • Usia 3-4 tahun: 80-120
  • Usia 5-6 tahun: 75-115
  • Usia 7-9 tahun: 70-110
  • Dewasa (di atas 10 tahun): 60-100 detak jantung per menit.

Bagi atlet yang telah melakukan banyak olah raga mungkin detak jantung saat istirahat bisa lebih sedikit dari 60 kali per menit, mungkin bisa hanya 40 denyut per menit.

Rekomendasi obat jantung bengkak bagi anda yang mengidap penyakit jantung bengkak

Denyut jantung normal juga akan bervariasi, yakni akan meningkat pada saat olahraga, suhu tubuh naik, posisi tubuh (seperti untuk sementara waktu setelah berdiri dengan cepat), dan emosi ( seperti kecemasan dan bergairah).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *