Penyebab Jantung Bengkak dan Cara Mencegahnya

Kebanyakan masih banyak orang masih merasa asing dengan istilah kedokteran seperti Kardiomelagi yang kerap disebut pembengkakan jantung. Mendengarnya saja anda sudah mengerikan bukan? Penyebab jantung bengkak ialah pelonggaran pada otot jantung sehingga jantung anda berukuran lebih besar. Apabila normalnya jantung hanya seukuran kepalan tangan, maka akan terjadi peningkatan volume pada bilik jantung dan bisa juga penebalan terhadap jantung itu sendiri.

Penyebab Jantung Bengkak dan Cara Mencegahnya

Hal yang menyebabkan jantung membengkak bisa datang dari penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa membuat kinerja otot menjadi lebih cepat dan akan memicu pelemahan pada otot. Tekanan darah yang tinggi bisa membuat jantung memompa menjadi lebih cepat dari biasanya. Keadaan tersebut bisa menimbulkan serangan jantung secara mendadak.

Gejala dan Penyebab Jantung Bengkak

Pembengkakan pada jantung sebenarnya bisa diidentifikasi sendiri. Tubuh akan memberikan respon tersendiri apabila jantung membesar dari biasanya. Berikut merupakan penyebab jantung bengkak dan gejalanya:

  • Sesak nafas. Ini hal yang akan pertama kali terjadi, jika penderita penyakit jantung akan sembuh dengan berbaring, maka hal tersebut tidak menolong saat jantung membengkak.
  • Berat badan bertambah. Umumnya pasien penyakit jantung akan mengurus, namun mereka yang mengalami jantung membengkak akan naik berat badannya, ini tidak lepas dari pengaruh pembengkakan jantung tersebut.
  • Mudah lelah dan mengalami nyeri pada bagian dada. Anda akan sering kali mengalami kelelahan hebat, meskipun tidak mengalami kegiatan fisik yang berat. Hal ini dibarengi dengan nyeri yang akan semaki menjalar dari bagian dada ke seluruh tubuh, jika ini sudah terjadi anda membutuhkan bantuan medis.
  • Kaki mengalami pembengkakan. Sama halnya pada wanita hamil, jika anda mengalami pembengkakan jantung maka kaki akan membesar, inilah yang menjadi indikasi bahwa jantung anda mulai bengkak.

Pencegahan Terhadap Jantung Bengkak

Apabila anda tidak ingin menjalani pengobatan secara medis, anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghindari jantung bengkak. Berikut merupakan faktor risiko jantung bengkak dan cara penanganannya, yakni dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan seimbang.

  • Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi perokok. Jika anda perokok pasif, anda beresiko terkena jantung bengkak. Mulai hentikan kebiasaan ini dan jauhilah perokok aktif.
  • Pantau tekanan darah. Pemicu jantung membengkak adalah tekanan darah yang tinggi, oleh karena itu tidak ada salahnya anda melakukan chek sendiri tekanan darah serta hindari makanan yang akan menaikkan tekanan darah.
  • Konsumsi makanan dengan rendah garam.

Beberapa hal tersebut semoga menjadi gambaran bagaimana untuk menjada diri anda dari faktor risiko yang menyebabkan jantung bengkak. Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal selain obat jantung bengkak ace maxs yang kami rekomendasikan. Semoga lekas sembuh !!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *