Tips Mengurangi Kecanduan Kopi

Membahas tentang kopi dan kesehatan memang sangat berkaitan dan tidak akan pernah habisnya untuk diperbincangkan. Ya, kopi adalah minuman yang populer di Indonesia dikenal sebagai salah-satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Mengkonsumsi kopi memang tidak membahayakan tubuh anda. Tetapi, jika terlalu banyak, maka dapat kecanduan kafein. Kecanduan kafein sendiri mampu memangkas jatah istirahat anda sebab produksi hormon adrenalin berlebihan yang disebabkan oleh kafein. Sebelum kita lanjut membahas mengenai kopi, tidak ada salahnya untuk menyimak terlebih dahulu info mengenai Bahaya Makan Gula Berlebihan Untuk Jantung

Tips Mengurangi Kecanduan Kopi

Lanjut, apabila anda merasa bahwa anda kecanduan kafein, berikut merupakan beberapa Tips Mengurangi Kecanduan Kopi yang efektif dan ampuh:

» Berolahraga

Selalu aktif dengan melakukan kegiatan yang positif adalah diantara tips sehat supaya mengurangi kecanduan kopi. Karena, kegiatan ini mampu membuat pikiran anda teralihkan sehingga konsumsi kopi anda perlahan berkurang.

» Kurangi konsumsi secara bertahap

Menghentikan kebiasaan minum kopi secara langsung memang sangat susah. Tetapi, anda bisa mencobanya perlahan-lahan. Apabila anda bisa minum kopi hingga lebih dari 5 cangkir /hari, coba kurangi menjadi setengahnya.

» Cari alternatif sehat

Setelah anda berhasil untuk mengurangi konsumsi kopi secara bertahap, kemudian cari alternatif minuman sehat lainnya seperti jus buah atau teh. Serta jangan lupa untuk minum lebih banyak air yang membantu anda dalam mengeluarkan racun dari kafein.

» Ketahui efek buruk dari kafein

Terlalu banyak konsumsi kafein mampu membuat hormon adrenal anda bekerja keras dan menyebabkan anda selalu terjaga. Apabila anda sudah mengetahui efek buruk tersebut, maka anda pun akan mesti berusaha untuk mengurangi konsumsi kopi anda.

Nah, apabila anda merasa bahwa diri anda merupakan pecandu kopi, tidak ada salahnya untuk mencoba Tips Mengurangi Kecanduan Kopi tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *